Jumat, 08 April 2016

10 Film tentang guru yang menginspirasi dan wajib untuk kalian tonton

Peran Guru dalam proses kemajuan pendidikan sangatlah penting.  Guru merupakan salah satu faktor utama bagi terciptanya generasi penerus bangsa yang berkualitas, tidak hanya dari sisi itelektulitas saja melainkan juga dari tata cara berperilaku dalam masyarakat. Oleh karena itu tugas yang diemban guru tidaklah mudah. Seorang guru mempunyai tantangan tersendiri didalam kehidupan dan pekerjaannya. Tak heran jika banyak sutradara film yang tertarik untuk mengangkat tema guru dalam pembuatan filmnya. Berikut ini adalah 10 film guru yang menginspirasi dan wajib kalian tonton.

1.      Sokola Rimba


Film ini diangkat dari kisah nyata kehidupan Butet Manurung (Prisia Nasution) yang bekerja di sebuah lembaga konservasi. Ia juga mengajar masyarakat Rimba dan tinggal di hutan bukit Duabelas tepatnya di hulu sungai Makekal. Lalu pada suatu hari Butet terkena Malaria dan mengalami demam di tengah hutan. Seorang anak bernama Nyungsang Bungo menyelamatkan hidupnya. Bungo berasal dari hilir sungai Makekal yang berjarak sekitar 7 jam perjalanan menuju hulu sungai. Ternyata Bungo sudah lama memperhatikan Bu Guru Butet saat mengajar.
Bungo selalu membawa sebuah gulungan kertas yang sudah di cap jempol oleh kepala adatnya yang merupakan sebuah surat perjanjian persetujuan warga desa yang mengekspoitasi di tanah adat mereka. Bungo ingin sekali belajar membaca dari Bu Guru Butet agar ia bisa membaca surat tersebut. Butetpun semakin ingin bekerja ke tempat asal Bungo, tetapi hal tersebut tidak dapat terwujud karena dari tempat kerja Butet masih tidak memperbolehkan. Selain itu dari suku kelompok Bungo juga masih memercayai adat lama bahwa dengan belajar membaca akan membawa petaka untuk mereka. Banyak masalah yang dihadapi Butet tapi ia tetap mengikuti niatnnya yang bulat untuk mengajar Bungo.

2.      Taare Zameen Par’s/ Like Stars on Earth


Film ini menceritakan tentang anak yang memiliki kelainan disleksia yang bernama Ishaan. Karena mendapat nilai yang jelek akhirnya orangtuanya mengira Ishaan adalah anak yang bodoh dan memasukkanya ke sekolah asrama. Ishann menjadi anak yang pendiam dan pemurung sampai seorang guru bernama Ram Shankar (Aamir Khan) yang juga menderita disleksia. Ram yang menyadari permasalahan Ishaan akhirnya mulai mengajari Ishaan membaca, melukis dan menghitung dengan metode menghitung jumlah tangga. Akhirnya Ishann menjadi pandai bahkan menjadi pelukis berbakat disekolahnya.

3.      Freedom Writers


Freedom Writers merupakan film yang diangkat dari kisah nyata kehidupan Erin Gruwell yang diperankan oleh Hillary Swank. Erin Gruwell adalah seorang guru yang menjalani pekerjaannya sebagai guru bahasa inggris di kelas 203. Pada saat itu Erin mengajar tepat beberapa tahun setelah terjadinya kerusuhan di Los Angeles dan membuat tempat itu sangat tidak aman. Erinpun harus berjuang untuk menghadapi murid-muridnya yang meninggikan rasisme dan geng jalanan yang sering menimbulkan perkelahian. Karena sekolah tidak mengijinkannya untuk memberikan anak-anak didiknya buku yang ia butuhkan, ia memberi mereka buku catatan dan meminta mereka mengisinya dengan jurnal harian mereka setiap hari.

4.      Teacher’s Diary


Film Thailand yang bergenre romantis ini mengisahkan Song seorang mantan pegulat yang ingin menjadi guru yang harus bekerja di sekolah terapung desa terpencil dengan 4 orang murid. Awalnya ia merasa tidak betah karena banyaknya kesulitan seperti mendapatkan listrik dan transportasi yang hanya bisa menggunakan perahu. Tetapi Song menarik niat tersebut setelah menemukan diari seorang guru bernama Ann yang sebelumnya menjadi guru disekolah tersebut. Setelah membacanya Song menjadi lebih bersemangat mengajar muridnya dengan metode yang menyenangkan seperti yang dituliskan guru Ann dalam diari tersebut. Sosok guru Ann sendiri juga sangat meninggalkan bekas terhadap murid sekolah tersebut karena kegigihan guru Ann dalam mengajar walaupun banyak masalah yang dihadapi.

5.      The Great Debaters

         
  
       Film ini menceritakan tentang konflik rasial yang terjadi di Amerika terhadap masyarakat kulit hitam. Melvin Tolson yang merupakan sosok seorang guru di Wiley College (universitas bagi masyarakat berkulit hitam) akhirnya mulai membuat penggebrakan lewat jalur pendidikan. Ia membimbing suatu tim debat dan berhasil memengkan banyak kompetisi untuk mengangkat kesetaraan derajat kaum kulit hitam.

6.      The Ron Clark’s Story



          

          Ini merupakan sebuah kisah yang diangkat menjadi sebuah film yang menceritakan tentang seorang guru bernama Ron Clark yang mengajar disuatu sekolah dimana murid-muridnya yang tidak menghargai guru dan memiliki masalah-masalah yang rumit dalam kehidupan mereka. Awalnya Clark sempat menyerah untuk melanjutkan mengajar di sekolah tersebut, tetapi karena kata-kata inovatif Maurice menimbulkan rasa semangat dari Clark. Clarkpun kembali mengajar dengan metode yang aktraktif dan akhirnya ia berhasil membuat muridnya lulus dalam ujian.


7.      Guru Bangsa : Tjokroaminoto



          Film yang baru ditayangkan pada 9 April lalu ini merupakan film yang diangkat dari satu tokoh sejarah Indonesia yaitu seorang guru bangsa Indoensia bernama HOS Tjokroaminoto yang diperankan oleh Reza Rahadian. Saat itu HOS Tjokroaminoto yang terlahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang keislaman yang sangat kuat, melihat keadaan Indonesia yang sangat memprihatikan dan memutuskan untuk melakukan suatu perubahan dengan meninggalkan status dan kehidupannya sebagai seorang bangsawan untuk bekerja sebagai kuli bersama rakyat jelata. HOS Tjokroaminoto juga menjadi pendiri dari Sarekat Dagang Islam ( SDI ) dan menjadi guru beberapa tokoh penting seperti presiden pertama Indonesia yaitu Ir.Soekarno.


8.      Dead Poet Society



          Film yang diproduksi tahun 1989 ini diperankan oleh mendiang Robin Williams yang berperan sebagai Mr. Keating. Film ini mengisahkan pendidikan di sekolah asrama khusus laki-laki yang sangat elit dan berkelas tinggi bernama Welton Academy. Berbeda dengan guru-guru yang mengajar pada umumnya, Mr. Keating mengajar muridnya dengan metode yang lebih ekspresif. Mr. Keating lebih mengarahkan muridnya untuk berfikir mandiri dan kreatif. Film ini juga berhasil membawa puisi sebagai sarana yang menarik untuk menuangkan inspirasi dan kreasi yang menarik perhatian penonton.


9.      Stand and Deliver



          Film ini diperankan oleh Edward James Olmo yang berperan sebagai Jaime Escalante. Film yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan Jaime seorang guru matematika yang mengajar di sekolah dangan standar pendidikan yang dibawah standar dan akan ditutup. Jaime harus menghadapi murid-muridnya yang berasal dari anggota geng jalanan dan berlatar belakang rendah. Jaime akhirnya memotivasi murid-muridnya dan membantu mereka mempelajari Calculus dengan metode pengajaran yang mudah dipahami. Film ini berhasil meraih penghargaan bergengsi seperti Oscar dan Golden Globe.


10.  To Sir, with Love
           


             Film ini diproduksi pada tahun 1967, dibintangi oleh Sidney Poitier ini dan disutradarai oleh James Clavell. Poitier berperan sebagai insinyur yang kesulitan mencari kerja lalu bekerja mengambil posisi sebagai guru temporer sekolah di kawasan ekonomi rendah di London untuk membayar hutang dan tagihannya yang sudah menumpuk. Melihat kondisi murid-muridnya yang membutuhkan pelajaran nyata dalam kehidupan dibandingkan pendidikan formal, akhirnya Poitier mengubah sistem pengajarannya dan mulai membuat perubahan nyata terhadap murid-muridnya.

              Nah barusan adalah daftar 10 film tentang guru yang keren banget pastinya. Masih banyak juga film yang bercerita tentang guru yang tak kalah keren. Saya persilahkan untuk kalian yang ingin menambahkan daftar film tentang guru yang wajib untuk di tonton. Jika bermanfaat boleh dishare.

2 komentar: